Study Banding ESHMA Islamic School

Study Banding ESHMA Islamic School

بسم الله الر حمن الر حيم
اَلسَّــلاَمُ عَلَیْــکُمْ وَرَحْمَةُاللّٰـــــہِ وَبَرَکَاتُــــــہُ
الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي بِنِعْمَتِهِ تَتِمُّ الصَّالِحَاتُ
Alhamdulillah, segala puji hanya milik Allah ﷻ, shalawat serta salam hanya untuk Baginda Nabi Muhammad ﷺ, untuk keluarga beliau, Sahabat-sahabat beliau, hingga untuk ummat beliau yang senantiasa istiqomah mengamalkan Sunnah hingga akhir hayatnya.
Aamiin allahumma aamiin.
Alhamdulillah, pada hari Kamis lalu, 2 Muharram 1445 bertepatan dengan 20 Juli 2023, SIB Education Center kedatangan tamu-tamu istimewa, guru-guru spesial dari ESHMA Islamic School (sekolah yang dipimpin oleh Ustadz Ust. Ishom Aini, Lc. MA hafidzahullahu ta’ala) yang ijin berziaroh untuk sharing ilmu tentang konsep, blue print, visi misi, serta hal-hal lain yang diterapkan di SIB Education Center.
Maasyaa Allah, bagi kami di SIB Education Center yang sedang perlahan, bertahap memperbaiki banyak hal, manajemen, sistem, kurikulum, serta hal lain yang baru saja mulai diterapkan satu pekanan pada civitas SIB Education Center (guru-guru, staff, admin, umum, santri, dll) sudah Allah kirimkan tamu-tamu istimewa berkunjung ke SIB Education Center yang seharusnya kami menimba ilmu dari mereka.
Dari pihak tamu/pengunjung dihadiri oleh Ust. Munir, Lc (Mudir Ponpes Daar Al Misbah), Ust. Hardhiansah (Mudir SDQ Eshma Islamic School), Ust. Irwanto, dan Ust. Abu Bakar sehingga total tamu sekitar 4 asatidzah. Insya Alloh, beliau semua hafidz Qur’an.
Semoga Allah senantiasa menjaga mereka dalam ketaatan di atas jalan yang haq.
Aamiin allahumma aamiin.
Sementara dari SIB Education Center dihadiri oleh perwakilan dari Pengelola Ustadz Feri Cahyanto hafidzahullahu ta’ala, Ustadz Ade Rosyid hafidzahullahu ta’ala kemudian ditambah dengan mudir SMP SIB Education Center, Ustadz Altar King hafidzahullahu ta’ala, dan terakhir dilengkapi dengan Ustadz Fauzi hafidzahullahu ta’ala yang mendapatkan amanah menemani kami bagian dokumentasi.
Dalam pertemuan singkat tersebut acara dibuka oleh Ustadz Ade Rosyid, kemudian sambutan disampaikan oleh Mudir ESHMA Islamic School, Ustadz Hardianshah tak lupa disambut prakata oleh Ustadz Feri Cahyanto dan dilanjutkan ke sesi inti pembahasan Blue Print, Visi Misi, Implementasi, dan Aplikasi di Lapangan berdasarkan Case by Case yang sudah terjadi di lingkungan SIB Education Center oleh Ustadz Altar King hafidzahullahu ta’ala.
Poin-poin inti yang dikupas dalam pembahasan fokus pada tagline SIB Education Center yaitu Sekolah Rasa Pesantren, Sekolah Sunnah, Adab sebelum Ilmu dan Amal serta pembahasan pada core-core yang dimiliki SIB Education Center yaitu Syariah, Ilmu, Bisnis yang dijabarkan lebih detail dalam core Quran, Hadits, Bahasa Arab & Inggris, serta Life Skills.
Banyak hal yang didiskusikan berangkat dari tagline Adab sebelum Ilmu dan Amal yang secara spesifik dimulai dari uswah yang baik dari guru-guru SIB Education Center semisal dari cara berpakaian (seragam kemeja tangan panjang, jubah, celana longgar di atas matas kaki, dan peci untuk guru-guru ikhwan serta jilbab lebar dan handshock/manset untuk guru-guru akhwat), berpenampilan (kuku pendek, rapi, bersih), kedisiplinan datang 10 menit maksimal sebelum jam KBM pertama dimulai, kemudian pulang terakhir setelah menemani dan memantau santri pulang setengah jam setelah KBM berakhir.
Pada ujungnya case by case di lapangan dengan santri tidak selalu harus diakhiri dengan iqob/hukuman, emosional, tapi dengan santunan, kelembutan, kedekatan emosi dan psikologis terhadap santri yang diawali dari contoh yang baik akan semakin mengikis kuantitas atau Allah ﷻ permudah dalam penyelesaian permasalahan santri sekalipun tetap namanya case by case akan tetap ada, bermunculan tiada henti.
Semua sistem diawali dari internal terutama guru-guru yang menjadi sosok pendidik, bukan sekedar pengajar, role model sekaligus desainer masa depan santri sebagai amanah ummat.
Semua itu diawali dengan kesepakatan akad antara lembaga sekolah dengan guru-guru sehingga di kemudian hari tidak terjadi fitnah atau ada pihak yang terdzalimi.
Kami yakin, di kemudian hari ketika Allah ﷻ mengirimkan amanah lebih banyak, lebih besar dari ummat berupa amanah santri-santri, maka kami akan semakin berat dan kewalahan apabila tidak kami “siasati” dengan perbaikan sistem, manajemen, kurikulum, dan banyak hal lain dari lembaga yang sedang bersama-sama kami kelola.
Setelah selesai pembahasan panjang lebar tentang dimulai dengan adab dan uswah yang baik dari asatidzah baru kemudian perlahan diurai satu persatu ke core SIB Education Center semisal hafalan Quran bukan berdasarkan target jumlah juz keseluruhan santri tapi berdasarkan akad bersama (pihak sekolah dan walisantri).
Diskusi semakin seru ketika di dalamnya tetap ada sedikit joke/canda tawa ringan sambil menikmati sajian snack sederhana yang ada serta dengan beberapa poin tanya jawab bersama hingga pada ujungnya dapat “Ooo…” moment.
Alhamdulillah acara sharring berakhir sekitar pukul 16.30 dan diakhiri dengan foto bersama di depan gedung SIB Education Center oleh dokumenter Ustadz Fauzi hafidzahullahu ta’ala.
Insyaa Allah rencananya dalam waktu dekat Tim ESHMA Islamic School akan kembali melanjutkan ziaroh karena qoddarullahu wa masyafa’la pada pertemuan sebelumnya belum banyak hal dikupas tuntas.
Semoga Allah ﷻ mudahkan kami menimba ilmu dari beliau-beliau, asatidzah ESHMA Islamic School begitu pun sebaliknya kami berharap ada ilmu manfaat yang sudah Allah ﷻ amanahkan pada kami yang kami diskusikan bersama dengan asatidzah ESHMA Islamic School baik pada pertemuan kemarin atau di pertemuan-pertemuan berikutnya.
Semoga Allah ﷻ jadikan ini pertanda dan wasilah kebaikan yang di kemudian hari kepercayaan ummat semakin jauh lebih baik pada keluarga besar SIB Education Center.
Barakallahu fiikum.
Aamiin allahumma aamiin.
Klik Untuk Chat
👋 Hubungi Kami Via Whatsapp, Team Customer Support Online Kami Siap. Tanyakan Apapun Kepada Kami.