Ngopi : Ngobrol Pendidikan dan Parenting Islam

Ngopi : Ngobrol Pendidikan dan Parenting Islam

Bismillah….
Ummu/Abu, Bunda/Ayah, dan Bapak/Ibu orangtua siswa/i Ananda yang semoga senantiasa Allah ﷻ mudahkan dan berkahi rizikinya, dan senantiasa Allah ﷻ berikan hidayah istiqomah di atas sunnah. Aamiin allahumma aamiin.

Mari kita sejenak merenungkan (sepenuhnya dengan hati) beberapa ayat pilihan berikut tentang harapan orang-orang shalih termasuk beberapa Nabi di dalamnya agar bisa diberikan anugerah keturunan shalih, taat pada Allah ﷻ, berbakti pada orangtua, serta senantiasa bertakwa, takut pada Allah ﷻ, dan selalu merasa diawasi oleh Allah ﷻ.
Nabi Ibrahim ‘alaihis salaam berkata,
رَبِّ هَبْ لِي مِنَ الصَّالِحِينَ
“Robbi hablii minash shoolihiin.”
“Ya Rabbku, anugrahkanlah kepadaku (anak) yang termasuk orang-orang saleh.” (QS. Ash Shaffaat: 100).
Nabi Dzakariya ‘alaihis salaam berdo’a,
رَبِّ هَبْ لِي مِنْ لَدُنْكَ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً إِنَّكَ سَمِيعُ الدُّعَاءِ
“Robbi hab lii min ladunka dzurriyyatan thoyyibatan, innaka samii’ud du’aa.”
“Ya Rabbku, berilah aku dari sisi Engkau anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Mengdengar doa.” (QS. Ali Imron: 38).
Seseorang yang telah dewasa dan menginjak usia 40 tahun memohon pada Allah ﷻ,
رَبِّ أَوْزِعْنِي أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِي أَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلَى وَالِدَيَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضَاهُ وَأَصْلِحْ لِي فِي ذُرِّيَّتِي إِنِّي تُبْتُ إِلَيْكَ وَإِنِّي مِنَ الْمُسْلِمِينَ
“Robbi awzi’nii an asy-kuro ni’matakallatii an’amta ‘alayya wa ‘ala walidayya wa an a’mala shoolihan tardhooh, wa ash-lihlii fii dzurriyatii, inni tubtu ilaika wa inni minal muslimiin.”
“Ya Rabbku, tunjukilah aku untuk mensyukuri nikmat Engkau yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada ibu bapakku dan supaya aku dapat berbuat amal yang saleh yang Engkau ridhai; berilah kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan) kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertaubat kepada Engkau dan sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri.” (QS. Al Ahqof: 15).
‘Ibadurrahman (hamba Allah Yang Maha Pengasih) berdo’a,
رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا
“Robbanaa hab lanaa min azwajinaa wa dzurriyatinaa qurrota a’yun waj’alnaa lil muttaqiina imaamaa.”
“Ya Rabb kami, anugerahkanlah kepada kami, isteri-isteri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa.” (QS. Al Furqon: 74)


Ternyata, salah satu ibroh (hikmah/pembelajaran) terbesar dari kandungan beberapa ayat pilihan di atas agar mereka, generasi orang-orang shalih terdahulu diberikan amanah keturunan yang shalih yaitu dengan menjadikan mereka sendiri sebagai uswah (teladan/contoh) terlebih dahulu untuk diri sendiri, keluarga, maupun untuk orang lain di luar keluarga mereka. Terbukti, mereka yang berdoa dengan doa-doa yang Allah ﷻ abadikan di dalam Al Quran di atas adalah orang-orang shalih yang sudah teruji keshalihannya.
Ummah/Abah, Bunda/Ayah, Ibu/Bapak sekalian, bagaimana apabila metode para Nabi dan generasi terbaik jaman dulu itu kita ikuti, adopsi, dan dimodifikasi sesuai kebutuhan dunia akhirat kita di masa kini, sejatinya tentu Allah ﷻ akan membantu mempermudah proses ikhtiar kita salah satunya senantiasa menjadikan diri kita sebagai teladan terbaik buat orang-orang terdekat di sekitar kita termasuk anak-anak atau keluarga.

Seperti yang seluruh orangtua ketahui, hasil polling online via Google Form terkait progress anak-anak kita kemarin, alhamdulillah ternyata mayoritas orangtua memberikan jawaban jujur positif terkait adanya progress positif dan signifikan yang terjadi pada anak-anak di rumah sepulang dari sekolah, terutama testimoni jujur enam orangtua murid yang dikemukakan secara langsung dalam kegiatan Sekolah Orangtua Sabtu beberapa pekan lalu.

Insyaa Allah semua itu bisa Allah ﷻ mudahkan salah satunya dengan ikhtiar keras pihak sekolah untuk menjadikan diri sendiri sebagai uswah, terlebih poin tersebut sudah kami sampaikan juga pada seluruh orangtua murid dalam pertemuan perdana di tahun ajaran baru ini dalam kegiatan Open Mind Talks beberapa bulan lebih lalu, bahwa kami sangat ketat menjadikan diri kami sebagai asatidzah menjadi uswah/teladan untuk santri sebelum di kemudian hari muncul banyak regulasi/aturan hitam di atas putih ini itu, yang pada ujungnya, sejatinya aturan tertulis terlebih banyak sangat begitu kurang efektif outputnya.

Hal ini akan terus kita tingkatkan jauh lebih baik demi terciptanya generasi pengikut generasi salaf sejati. Insyaa Allah, perkara dunia termasuk untuk urusan rezeki dunia semua sudah Allah ﷻ garansi diatur dengan begitu apik sistematis tanpa ada yang kurang atau keliru, maka sudah sepatutnya kita tidak perlu khawatir akan semua kebutuhan rezeki yang sifatnya duniawi, toh sudah diatur pasti.
Kami yakin, secanggih apa pun metode, kurikulum, media, cara, & strategi pembelajaran, modul, aturan, fasilitas, layanan, dan hal-hal sejenis lain tidak akan berdampak signifikan demi ketenangan hati selain mendahulukan adab akhlak mulia sesuai tuntunan Nabi.
Bukan tidak penting hal-hal yang disebutkan sebelumnya, jelas, maka kami pun melakukan terobosan-terobosan terbaru demi tercapainya target, namun insyaa Allah ikhtiar utama kami dan terus menerus adalah fokus pada penguatan adab akhlak mulia.
Sekalipun tetap masih ada yang belum terlihat begitu signifikan, sunatullah, qaddarullah wa masyafa’ala karena kesempurnaan hanya milik Allah ﷻ semata, tidak ada hak kita untuk mengklaim segala keberhasilan itu tanpa daya dan kekuatan dari Allah ﷻ. Kami ucapkan jazakumullahu khairan untuk seluruh orangtua yang sudah memberikan jawaban online terkait progress anak-anak.
Ummah/Abah, Bunda/Ayah, Ibu/Bapak sekalian, sepertinya syiar dakwah ini perlu kita lebarkan dan sebarkan ke khalayak lain, ummat di sekitaran kita yang mungkin bisa Allah ﷻ pilih kita sebagai wasilah yang menjadikan saudara-saudara kita yang lain di luar bisa sama-sama tergabung dalam keluarga besar SIB Education Center serta bisa sama-sama memetik manfaat dan keberkahan ilmu baik dari program-program positif yang sudah kita jalankan bersama, pertemuan orangtua sebulan sekali dalam Sekolah Orangtua, intensitas komunikasi dalam grup dua arah antara sekolah dan orangtua, peluang menggali informasi lanjutan dari walikelas dan konselor sekolah, serta dalam kegiatan atau momen lainnya.

Maka, ijinkan kami mengajak seluruh orangtua yang berminat untuk tergabung dala jaringan syiar dakwah kami salah satunya dengan mengadakan kegiatan Kajian Parenting & Adab di tempat tinggal orangtua, baik itu di rumah, aula warga atau tempat berkumpul warga lainnya (diusahakan bukan masjid untuk lebih leluasa dan nyaman dalam pembahasan dan diskusi lanjutan).
Bagi orangtua yang berminat dengan rencana program kegiatan tersebut bisa diinformasikan kepada pihak sekolah melalui kontak admin 0822-9911-9411 (Bu Dewi) agenda tersebut akan diadakan kapan, di mana, berapa banyak asumsi yang akan hadir, serta hal lainnya agar bisa kita persiapkan dan diskusikan segala sesuatunya jauh-jauh hari.
Insyaa Allah konten materi akan disampaikan dengan sangat jelas, mengena, menyentuh, sarat makna, data, fakta, serta dengan media slide yang asyik dan nyaman untuk dikaji bersama.

Insyaa Allah isi pertemuan fokus pada 75% materi dan 25% sosialisasi sehingga besar harapan kami semua yang hadir bisa mengambil banyak faidah terutama untuk kebutuhan bekal pulang kita kelak ke kampung akhirat buan sekedar target kebutuhan dunia yang sementara.
Semoga Allah ﷻ berkahi, mudahkan, dan jadikan pahala kebaikan segala niat, langkah, jerih payah, dan ikhtiar baik yang kita lakukan demi pertemuan dengan Allah ﷻ kelak. Aamiin allahumma aamiin.
Syukran katsiira wa barakaallahu fiikum.

SIB Education Center (Syariah Ilmu Bisnis)
Sekolah Rasa Pesantren.
Sekolah Pulang-Pergi (non-Boarding/non-Asrama)
Fokus pada PENGUATAN dan IMPLEMENTASI :
Fiqih Muamalah & Projek Bisnis, Quran Hadits, Bahasa Internasional (Arab – Inggris), Life Skills, dan Adab sesuai Sunnah.
“Wahai orang-orang beriman, selamatkan dirimu dan keluargamu dari api neraka.” QS At-Tahrim : 6

Klik Untuk Chat
👋 Hubungi Kami Via Whatsapp, Team Customer Support Online Kami Siap. Tanyakan Apapun Kepada Kami.